Rabu, 04 Februari 2015

Merangkai Lampu Led Kedap Kedip Sederhana

Merangkai lampu led kedap kedip, atau istilah kerennya flip-flop apalah namanya, saya awalnya juga tidak mengerti dengan rangkaian elektronika berawal dari membuat lampu berkedap kedip dengan menggunakan bola senter lampu led yang berwarna warni hingga menggunakan microcontroler, semuanya bisa karena terbiasa, bagi mereka yang sudah ahli dibidangnya khususnya para pakar elektronik mungkin artikel merangkai lampu led kedap-kedip sudah tidak asing lagi.

Cara merangkaia lampu led kedap kedip sebenarnya banyak rekan-rekan yang sudah posting dengan  berbagai bentuk modifikasi rangkaian dari rangkain simple hingga yang komplit yang telah mereka buat, tapi saya coba merepost ulang skema rangkaian yang saya dapatkan saat saya googling diinternet saya menemukan rangkaian yang dulu pernah saya buat hanya dengan menggunakan ic timer ceritanya mengingat memori lama,

lampu-kedap-kedip

Merangkai lampu led kedap kedip sederhana dengan menggunakan ic timer NE555 rangkaian menjadi lembih simple dan sederhana cara merangkainya nya juga tidak terlalu rumit, banyak contoh rangkaian yang dapat dijadikan refrensi untuk membuat rangkaian flip-flop yg diimplementasikan menjadi dan dibuat untuk lampu kedap-kedip.

Lampu kedap-kedip yg paling sederhana dibuat tanpa tambahan rangkaian elektronik bisa kita lihat pada lampu hias Pohon Natal atau biasa juga disebut lampu seri pohon terang nyala lampu berkedip tanpa ada rangkaian SCR dan lain sebagainya melainkan dilampu yg berwarna merah terdapat bimetal yg berfungsi sebagai switch saat lampu menyala bimetal panas dan switch menjadi melengkung dan lepas begitu suhu panas berkurang switch kembali terhubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar